15 Juni 2013

Vicente Del Bosque: Bermodalkan Sabar Dan Kalem

Keberhasilan mengantarkan Spanyol menjuarai Euro 2012 mencatatkan nama Vicente Del Bosque dengan tinta emas ke buku sejarah sepak bola. Dialah satu-satunya pelatih yang bisa membawa timnya juara Liga Champions, Piala Dunia dan Piala Eropa.

Sebelum Del Bosque, seorang pelatih paling banter hanya bisa merebut dua dari tiga piala itu. Ambil contoh Marcelo Lippi dan Helmut Schon. Lippi hanya bisa merebut rofi Liga Champions bersama Juventus dan mengantarkan Italia meraih trofi Piala Dunia 2006. Sedangkan Schon hanya berhias dua gelar level timnas Jerman (Barat) pada 1972 dan 1974.

Del Bosque hingga saat ini juga tercatat sebagai pelatih Spanyol dengan jumlah laga terbanyak. Saat menang 3-1 atas Uruguay (6/2) lalu, dia menyamai catatan Ladislao Kubala yang memimpin Spanyol dalam 68 partai. Hingga pertandingan persahabatan melawan Republik Irlandia (11/6), Del Bosque sudah 72 kali memimpin La Furia Roja.

Lantas apa resep Del Bosque hingga bisa bertahan selama itu?

Saat menjadi pembicara pada simposium yang dihelat Federasi Sepak Bola Afrika (CAF), 13 Mei lalu, eks pelatih Real Madrid itu membeberkan resepnya.


"Terpenting adalah bangun kepercayaan antara pemain dan staf pelatih. Dalam mengatasi konflik yang mungkin muncul, usahakan bersikap kalem dan sabar. Jika perlu gunakan humor. Pelatih tak boleh mengucapkan hal buruk tentang pemain. Masukan dari staf kepelatihan dan pemain juga jangan diabaikan," beber Del Bosque.

Memotivasi juga dianggap sebagai faktor yang sangat penting. "Untuk itu dibutuhkan kepemimpinan. Seorang pemimpin harus bisa berbagi suka dan duka dengan tim. Sebab seperti dikatakan pebasket Michael Jordan, talenta mungkin bisa memenangi pertandingan, tapi untu menang kejuaraan dibutuhkan kerja sama," tegasnya.

Kerja sama dan kondisi tim yang harmonis memang menjadi modal Spanyol merajai Eropa dan dunia dalam lima tahun terakhir. Del Bosque menjadi sosok yang berjasa di belakangnya.

0 comments:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: antoniachekov@gmail.com

Our Team Memebers