15 Juni 2013

Afirmasi Taktik Cesare Prandelli

Cesare Prandelli
Publik Italia sangat gemar membahas taktik dan strategi tim sepak bola. Tidak mengherankan, pola permainan Gli Azzuri selalu menjadi perdebatan hangat. Apapun formasi yang dipakai tim nasional Italia pasti akan mengundang polemik.

Kondisi seperti ini harus diantisipasi siapa saja yang menduduki kursi  pelatih Gli Azzuri, tak terkecuali Cesare Prandelli. Dia mesti siap mengambil keputusan dan menjelaskan alasannya dengan gamblang kepada publik.

Kali ini perdebatan mengenai strategi terbaik Gli Azzuri di Piala Konfederasi 2013 juga mengemuka. Prandelli disebut-sebut ragu dalam menentukan formasi antara 4-3-1-2 atau 4-3-3.

Fakta ini mengemuka melihat perbedaan strategi yang dipakai Gli Azzuri dalam laga persahabatan dan turnamen resmi. Selama ini, empat dari lima laga Pra-Piala Dunia 2014 dilakoni Italia dengan formasi 4-3-1-2. Namun dalam lima laga persahabatan, Italia malah dominan memainkan 4-3-3.

Menanggapi ini, Prandelli berusaha menunjukkan ketegasan sikap. Dia berkeras menyatakan Italia akan memakai pola 4-3-1-2. "Kami akan terus menggunakan strategi 4 midfielder di lini tengah," ujarnya. "Pola 4-3-3 sangat menarik dan kami juga sedang berusaha menguasainya. Kami harus bisa mengganti strategi dalam pertandingan dengan memanfaatkan  penguasaan dua atau tiga taktik berbeda."

Pola 4-3-1-2 bukanlah strategi asing bagi Gli Azzuri. Namun ada masalah yang harus diselesaikan oleh Prandelli. Strategi 4-3-1-2 membutuhkan gelandang serang jempolan. Padahal Italia tidak memiliki nama besar yang bisa mengisi posisi tersebut. Kemampuan Emanuele Giaccherni, Alessandro Diamante dan Riccardo Montolivo yang pernah dicoba dinilai meragukan.

Akan tetapi, bukan Prandelli jika tidak menemukan solusi. Terlihat jelas di Piala Eropa 2012, dia mampu membuat lawan-lawan Gli Azzuri terperangah dengan fleksibilitas taktik yang dimiliki. Akibatnya, secara mengejutkan, italia sanggup menembus final. Bukan tak mungkin kalau kali ini Prandelli kembali mengundang decak kagum di Piala Konfederasi 2013.

0 comments:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: antoniachekov@gmail.com

Our Team Memebers