6 Juni 2013

Jacksen: Keseimbangan Tim Hal Utama

Jacksen F Tiago
Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, mengaku akan mengutamakan keseimbangan tim dalam penerapan strategi untuk menghadapi Belanda dalam pertandingan uji coba di Stadion Utama Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/6/2013). Menurutnya, skuad Garuda tidak akan sepenuhnya bermain bertahan pada laga tersebut.

Dalam beberapa pertandingan sebelumnya, timnas Indonesia memang seringkali memakai strategi bertahan untuk menghadapi sejumlah negara kuat. Maklum, Indonesia selama ini memang dikenal memiliki keunggulan dengan adanya beberapa pemain cepat di lini tengah.

"Mungkin orang banyak beranggapan kita akan bermain lebih banyak bertahan. Tapi, kita akan bertahan kalau lawan punya bola. Kalau kita memegang bola, kita harus keluar untuk menekan lawan," ujar Jacksen seusai memimpin latihan timnas di SUGBK, Jakarta, Rabu (5/6/2013) malam.

"Jadi, Saya suka tim ini punya keseimbangan dalam menyerang maupun bertahan. Saya rasa juga dalam sepak bola 90 menit tidak mungkin kita akan berada dalam tekanan lawan terus. Ini yang saya harapkan tidak terjadi dan karena itu kita harus menyiapkan tim supaya tampil maksimal di pertandingan nanti," tambahnya.

Jacksen mengakui, kemampuan skill dan fisik pemain Belanda memang berada di atas pemain Indonesia. Namun, pelatih yang juga membesut Persipura Jayapura itu menilai, asalkan anak asuhnya bisa tampil maksimal dengan konsentrasi tinggi maka hasil terbaik bisa diraih.

"Kita sekarang akan siapkan pola berdasarkan kemampuan kita. Kalau fisik (pemain Belanda) kita lihat besok. Belum tentu mereka punya keunggulan fisik. Keunggulan postur saya setuju. Jadi, saya hanya bisa mengukut kemampuan fisik pemain-pemain kita," kata Jacksen.

Pemain lengkap

Dalam latihan sore hari ini, total 21 pemain yang dipanggil tim pelatih telah berkumpul. Tiga pemain, yakni Greg Nwokolo, Victor Igbonefo dan Andritany Ardiyasa bergabung pagi hari dengan 13 rekan-rekannya yang sudah mengikuti latihan perdana, Selasa (4/6/2013).

Sementara, lima pemain lainnya, Ricardo Salampesy, Ruben Sanadi, Imanuel Wanggai, Boaz Salossa, dan Ian Louis Kabes, baru menjalani latihan sore. Pada latihan yang langsung dipimpin oleh Jacksen itu, para pemain timnas memfokuskan porsi latihan teknik dan passing.

"Lalu kita mengakhiri latihan dengan teknis corner kick dan menempatkan pemain pada posisi masing-masing. Latihan ini yang akan kita lakukan sampai besok. Kita coba banyak untuk taktik dan strategi yang akan kita gunakan sampai pertandingan nanti," ujar Jacksen.


0 comments:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: antoniachekov@gmail.com

Our Team Memebers