22 Mei 2013

Inilah 11 Tim F1 Musim Ke-64

2013 merupakan musim ke-64 kompetisi Formula 1. Akan ada 11 tim yang bertanding.

Hampir semua tim yang tampil tahun lalu kembali ambil bagian pada tahun ini. Satu-satunya tim yang absen adalah HRT, yang gagal mendapatkan pemilik baru dan akhirnya dicoret.

Dengan demikian, tim-tim yang tersisa adalah Red Bull, Ferrari, McLaren, Lotus, Mercedes, Sauber, Force India, Williams, Toro Rosso, Caterham, dan Marussia.

Berikut kami sajikan ulasan masing-masing tim tersebut, di mana terjadi perubahan cukup signifikan pada beberapa tim-tim besar.

Red Bull


Red Bull

Seiring masuknya sponsor baru, tim ini kini bernama resmi Infiniti Red Bull Racing. Tim yang berbasis di Milton Keynes, Inggris ini masih dipimpin oleh team principal Christian Horner dan mengandalkan kepala tim teknik Adrian Newey.

Untuk musim ini, Red Bull akan menggunakan mobil RB9. Mobil bermesin Renault ini merupakan hasil penyempurnaan dari mobil tahun lalu, RB8.

Soal pebalap, tidak terjadi perubahan di Red Bull. Mereka masih akan mengandalkan Sebastian Vettel dan Mark Webber yang sudah berduet sejak tahun 2009.

Dalam tiga musim terakhir, Red Bull merupakan juara konstruktor. Dengan mengandalkan RB9, Vettel, dan Webber, mereka akan berusaha mempertahankan titel tersebut.

Ferrari 

Ferrari
Tim bernama resmi Scuderia Ferrari ini adalah tim tertua dan tersukses di Formula 1. Ferrari telah memenangi 15 titel pebalap dan 16 titel konstruktor.

Masih dipimpin oleh team principal Stefano Domenicali, Ferrari musim ini memakai mobil Ferrari F138. Nama F138 dipilih dari perpaduan tahun 2013 dan konfigurasi mesin V8, yang musim ini digunakan untuk kali terakhir.

Fernando Alonso masih akan jadi pebalap andalan Ferrari musim ini. Setelah gagal dalam tiga tahun terakhir, Alonso tentu diharapkan bisa membawa Ferrari berjaya lagi.

Sebagai pendamping Alonso, Ferrari masih memercayai Felipe Massa. Massa mendapatkan kontrak baru meski musim lalu dihujani kritik akibat performa

McLaren

McLaren
McLaren masih memakai nama resmi Vodafone McLaren Mercedes. Tim ini adalah tim tertua kedua setelah Ferrari dan salah satu tim paling sukses dengan koleksi 12 titel pebalap dan 8 titel konstruktor.

Mobil andalan McLaren musim ini adalah MP4-28. Mengusung penampilan mirip dari pendahulunya, mobil tersebut diklaim punya performa beda.

Mulai musim ini, McLaren tak akan lagi diperkuat oleh anak emasnya, Lewis Hamilton. Hamilton telah memutuskan untuk hengkang ke Mercedes. Sebagai gantinya, masuklah Sergio Perez. Perez dipercaya untuk mendampingi pebalap senior Jenson Button.

Musim lalu, McLaren menempati peringkat ketiga klasemen akhir konstruktor di bawah Red Bull dan Ferrari. Kalau bisa konsisten, mereka juga berpeluang untuk mematahkan dominasi Red Bull.

Mercedes

Mercedes
Mercedes AMG Petronas F1 Team berbasis di Brackley, Inggris. Tim ini kembali berkompetisi di F1 sebagai konstruktor pada tahun 2010 setelah mengakuisisi Brawn GP.

W04 yang jadi mobil andalan Mercedes pada musim ini tampak menjanjikan. Mobil tersebut menunjukkan performa oke dalam tes pramusim, khususnya di Barcelona.

Mercedes kini tak lagi diperkuat Michael Schumacher yang sudah pensiun (lagi). Mereka kemudian merekrut Lewis Hamilton sebagai penggantinya. Hamilton akan diduetkan dengan Nico Rosberg.

Sejak membeli Brawn GP, Mercedes baru sekali meraih kemenangan, yakni di GP China musim lalu. Perubahan di sektor mobil dan hadirnya Hamilton tentu membuat mereka berharap lebih sukses pada musim ini.

Lotus

lotus
Lotus F1 Team dulu bernama Renault dan berganti nama sejak musim lalu. Tim yang identik dengan warna hitam dan emas ini berbasis di Enstone, Inggris.

Musim ini Lotus akan menjadikan E21 sebagai mobil andalannya. E21 secara visual terlihat mirip dengan E20, namun mengalami perombakan agar dapat mencapai hasil lebih menawan dalam balapan.

Lotus masih memakai line-up pebalap mereka musim lalu, Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean. Raikkonen menempati posisi tiga klasemen akhir pebalap musim lalu, sedangkan Grosjean di posisi delapan.

Setelah musim lalu berada di peringkat keempat klasemen akhir konstruktor, Lotus musim ini masih akan menjadi kuda hitam dalam persaingan.

Sauber

Sauber
Sauber F1 Team berbasis di Zurich, Swiss. Tim ini dipimpin oleh CEO sekaligus team principalMonisha Kaltenborn. Kaltenborn adalah wanita pertama yang menjadi team principal di F1.

Mobil yang akan digunakan oleh Sauber musim ini adalah C32. C32 mengusung sosok fisik dengan tampilan livery baru yang didominasi warna abu-abu, hidung yang menukik mulus, dan sidepod yang terlihat jelas.

Musim ini Sauber diperkuat oleh line-up anyar, yakni Nico Hulkenberg dan pebalap debutan Esteban Gutierrez, yang menggantikan Sergio Perez dan Kamui Kobayashi.

Di musim 2012, Sauber tampil cukup oke dengan meraih empat kali finis di podium untuk kemudian menuntaskan musim di posisi enam klasemen konstruktor.

Toro Rosso

Toro Rosso
Tim yang bernama resmi Scuderia Toro Rosso ini merupakan satu dari dua tim yang dimiliki oleh perusahaan minuman Red Bull, selain Red Bull Racing. Tim ini berbasis di Faenza, Italia dan memulai debutnya di Formula 1 pada 2006.

STR8 akan menjadi mobil andalan Toro Rosso musim ini. Dengan mobil tersebut, mereka berharap bisa menembus enam besar klasemen konstruktor.

Tak ada perubahan pada line-up pebalap Toro Rosso. Mereka masih mengandalkan duet Daniel Ricciardo dan Jean-Eric Vergne.

Perubahan besar justru terjadi di balik layar menyusul kedatangan mantan kepala teknis Sauber, James Key.

Force India

Force India
Sahara Force India F1 Team dibentuk pada tahun 2007 dan berbasis di Silverstone, Inggris. Tim ini dipimpin olehteam principal Vijay Mallya.

Mobil yang akan diandalkan Force India pada musim ini adalah VJM06. Mobil tersebut bermesin Mercedes dan diharapkan bisa mengantarkan mereka masuk enam besar.

Musim ini, Force India tak lagi memakai Nico Hulkenberg sebagai pebalap. Hulkenberg telah pindah ke Sauber dan digantikan oleh Adrian Sutil. Sutil akan menemani Paul di Resta.

Williams

Williams
Williams F1 Team dibentuk dan dimiliki oleh Sir Frank Williams. Sejak berdiri tahun 1977, tim ini telah mengantongi tujuh titel pebalap dan sembilan titel konstruktor.

FW35 akan jadi mobil andalan Williams pada musim ini. Ada perubahan sebanyak 80 persen dari bagian mobil jika dibandingkan dengan FW34, antara lain pada suspensi depan, radiator, knalpot, hidung, dan girboks.

Williams masih mempertahankan Pastor Maldonado sebagai pebalap mereka. Bruno Senna tak lagi dipakai dan digantikan oleh pebalap debutan Valtteri Bottas.

Musim lalu, Williams menempati posisi kedelapan di klasemen akhir konstruktor. Mereka juga mengantongi satu kemenangan, yakni di GP Spanyol.

Caterham

Caterham
Caterham F1 Team adalah tim Formula 1 milik Malaysia dan berbasis di Leafield, Inggris. Tim ini mulai berkompetisi dengan nama Caterham pada musim lalu.

Musim ini, Caterham akan mengandalkan CT03 sebagai mobil andalan. Mobil ini adalah hasil desain Mark Smith.

Line-up pebalap Caterham berubah total jika dibandingkan musim lalu. Tak ada lagi Heikki Kovalainen dan Vitaly Petrov. Sebagai gantinya, Caterham mengandalkan Charles Pic dan Giedo van der Garde.

Musim lalu, Caterham mengakhiri musim tanpa mendapatkan satu poin pun.

Marussia

Marussia
Marussia F1 Team berbasis di Banbury, Inggris. Tim ini dulunya bernama Virgin Racing dan mulai memakai nama Marussia pada musim lalu.

Tim yang identik dengan warna merah-hitam ini akan memakai MR02 sebagai mobil andalan. Mobil ini bermesin Cosworth dan didesain oleh Pat Symonds.

Marussia sempat akan memakai Timo Glock sebagai pebalap pada musim ini, tapi batal. Akhirnya Marussia memercayakan dua kursi pebalap mereka kepada dua orang debutan, Max Chilton dan Jules Bianchi.

Itulah 11 tim yang akan berlaga di F1 musim ke-64 tahun 2013



0 comments:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: antoniachekov@gmail.com

Our Team Memebers